Sabtu, 14 Februari 2015


Hasil gambar untuk tata cara sholat tahajud
Tata Cara Shalat Tahajjud Dan Bacaanya

 

 Artikel kali ini akan membahas  tentang tata cara shalat tahajud dan bacaanya,

Shalat tahajjud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari sesudah shalat isya sampai terbit fajar dan sesudah bangun tidur

 Hukum Shalat tahajjud adalah sunnat Mu'akkad, yaitu sunat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. karenanya Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk melaksanakan shalat tahajjud.
Dan berikut waktu shalat tahajud...

Waktu Pelaksanaan Shalat Tahajjud

Awal waktu shalat tahajjud adalah setelah Isya dan berakhir pada terbitnya fajar.Berdasarkat hadits Aisyah Radhiallahu anha dia berkata,

"Rasulullah shalallahu alaihi wassalam biasa mengerjakan shalat sebelas rakaat pada waktu selesai shalat isya sampai shubuh."(HR.Muslim no.736)

Jumlah Rakaat Shalat Tahajjud

Shalat lail atau shalat tahajjud minimalnya 2 rakaat dan maksimalnya tidak terbatas,Namun berdasarkan hadits umar tersebut dibolehkan shalat tahajjud tanpa batasan selama itu genap, akan tetapi sunnahnya 8 rakaat tahajjud(plus witir 8 rakaat)

Bacaan Niat Shalat Tahajjud

 Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Tahajud

 Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillahi ta'alaa

artinya:"aku niat shalat tahajjud 2 rakaat karena allah ta'ala

Tata Cara Shalat Tahajjud

Melaksanakan sholat malam ini sama halnya dengan mengerjakan sholat yang lain baik fardhu atau sholat sunah , perbedaannya hanya terletak pada waktu pelaksanaan yang harus dilakukan pada malam hari serta niat sholatnya saja

Berikut ini caranya:

  1. Niat sholat Tahajud, Niat diucapkan dalam hati (bukan diucapkan dengan lisan) dilakukan pada saat takbiratul Ihrom

  2. Melakukan Takbir (Takbirotul Ihrom), ‘Allahu Akbar’  sambil mengangkat ke dua tangan sejajar deangan bahu

  3. Membaca surat Alfatihah, Alfatihah wajib hukumnya dibaca, kemudian dilanjutkan dengan bacaan surat Al-qur’an yang sudah dihafal

  4. Ruku’, Membungkuk sambil memegang ke dua lutut sehingga kepala dengan punggung rata

  5. I’tidal, Berdiri tegak setelah selesai ruku’ (mebaca tasbih)

  6. Lanjutkan seperti melaksanakan sholat pada umumnya


Setelah selesai anda bisa membaca istighfar, sholawat dan sebagainya kemudian berdoa :

doa tahajud bahasa arab

 

BEBERAPA KEUTAMAAN Shalat Tahajjud

Keutamaan Shalat Tahajud:

Allah SWT berfirman:
"Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." ( QS Al-Isra' (17) : 79)
Shalat Malam Menyembuhkan Hati Yang Lalai
Sifat Lalai adalah penyakit berbahaya dan menyimpang. Penyakit ini akan menimpa hati yang selalu tenggelam dalam hal mubah ,bermalasan-malasan dalam ketaatan , dan hanyut dalam segala kenikmatan. Fokuslah untuk bemunajat kepada Allah , sedangkan ketika itu obat yang ampuh akan datang dengan izin Allah, yakni "shalat malam".

Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa mengerjakan shalat malam dengan membaca sepuluh ayat Qur'an, dia tidak dituliskan termasuk orang-orang yang lalai. Barangsiapa mengerjakan shalat malam dengan membaca 100 ayat Qur'an , dia akan dituliskan termasuk dalam orang yang Qunut. Dan barangsiapa mengerjakan shalat malam dengan membaca 1000 ayat Qur'an dituliskan dalam sebagai orang yang kaya" (HR. Abu Daud, Ibnu Khuzaimah dan Ibn Hibban, dihasankan oleh Al Albani dalam SHahih Al-Targib wa Al-Tarhib no.635)
Nikmat nya Shalat Malam
Seseorang tidak akan bisa merasakan nikmatnya shalat, indahnya bermunajat dan asyiknya bermesraan dengan Allah, jika shalat belum menempati tempat utama di dalam hatinya. Dia tidak akan merasakan apa-apa jika dia belum sampai pada derajat menjadikan shalat sebagai penyejuk hati, penggembira jiwa, pelapang dada, penyembuh sakit, penghilang rasa gundah, dan pelepas kesempitan.

Rasulullah SAW suatu hari bersabda :
“Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima keutamaan didunia itu, adalah :

  1.Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
  2.Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
  3.Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua     manusia  

 4.Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
    Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, ialah :

   1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
   2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
   3.Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
   4.Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Nah... itu tadi artikel mengenai tata cara shalat tahajjud dan bacaanya.Dari artikel diatas terlihat bahwa banyak sekali keuntungan bila kita mengerjakan shalat tahajjud. Semoga bisa Bermanfaat dan menambah pengetahuan islami anda... Bila ada kritik dan saran bisa ditulis di kolom komentar Wassalamualaikum WR WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar